Cognitive
Vol. 2 No. 1 (2024): April

MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN

Khotimah, Indah Husnul (Unknown)
Laisa, Emna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Fazlur Rahman merupakan salah satu sosok pemikir pendidikan bercorak neomodernis yang menguasai keilmuan Islam pada masa klasik namun juga ia melek ilmu-ilmu modern. Pendidikan yang menaungi pemikiran neo-modernisme ini meliputi dua corak yaitu corak tradisional dan corak modern yang memiliki karakter jauh berbeda. Pembaharuan/modernisasi pendidikan Islam dalam kacamata Rahman bisa dilaksanakan dengan cara pendidikan sekuler modern diterima kemudian berupaya untuk mendalaminya dengan konsep-konsep bernafaskan Islam dengan beberapa cara, diantaranya: menghidupkan kembali ideologi muslim mengenai pentingnya menuntut ilmu serta mengembangkannya, berupaya untuk mengikis adanya dualisme dalam sistem pendidikan Islam, perlunya kesadaran tentang pentingnya bahasa dalam dunia pendidikan, melakukan pembaharuan pada bidang metode pendidikan Islam dan memberikan materi ilmu sosial khususnya filsafat di dunia pendidikan Islam. Fazlur Rahman sebagai sosok pemikir neo-modernis terlihat pada pengaplikasian pemikiran pendidikan Islam baik pada tujuan pendidikan, sistem pendidikan, konsep peserta didik, konsep pendidik dan juga sarana pendidikannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cognitive

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cognitive: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal akademik yang di dedikasikan sebagai media dan sarana diseminasi hasil penelitian dan konsep hasil pemikiran mencakup topik-topik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel hasil penelitian yang ditulis oleh para ...