Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Vol 4 No 2 (2024): IJPSE

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Jombatan 6 Jombang

Lestari, Tasya Eka (Unknown)
Nuruddin, Muhammad (Unknown)
Susilo, Claudya Zahrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna untuk mengevaluasi sikap disiplin belajar dalam pendidikan matematika sebagai bentuk untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa. Metode pengumpulan data yang pakai adalah metode kuantitatif. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 sampel. Sampel diambil menggunakan teknik One Group Pretest-Post-test Design. Perangkat lunak SPSS versi 23 dipakai untuk menganalisis data. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa disiplin belajar dan belajar matematikan menunjukkan suatu hubungan. Hal ini ditandai dengan hasil nilai t hitung sebesar -20,237 dengan signifikansi 0,000. Nilai t hitung (-20,237) lebih kecil dari nilai t tabel (-2,093) dan nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak. Analisis Paired Samples Test menunjukkan adanya ketidaksamaan dalam kegiatan pretest dan posttest, seperti yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05. Dilihat dari nilai t hitungnya, nilai hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,093), sehingga hasil akhir yang didapat adalah hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE) adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hasyim Asy'ari. Jurnal ini menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian ...