Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Kahoot! Sebagai Intervensi dalam Pembelajaran PPKn: Analisis Perbandingan Hasil Belajar Melalui Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Gamaliel 1 Kota Madiun: Penelitian

Nugraha, Nurhadji (Unknown)
Hermawati, Yuni (Unknown)
Nurfikasari, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Gamaliel 1 Madiun. Sekolah ini beralamat di JL. Slamet Riyadi No. 48, Kec Kartoharjo, Kota Madiun. Identifikasi masalah: 1. Kurangnya semangat siswa dalam belajar, kurangnya media pembelajaran kedua, Masih menggunakan kebiasaan belajar lama dengan metode ceramah dan catatan. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Permainan Kahoot Berbasis Multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas X PPKN Gamaliel 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen dengan rancangan konstruksi kelompok kontrol. Pada jenis rancangan ini dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu kelompok kontrol dan kelompok uji. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan khusus (X) dalam media permainan Kahoot dengan Pembelajaran PPKN. Pada kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan khusus dengan Media Permainan Kahoot dalam Pembelajaran PPKN (Y). Pada penelitian pretreatment ini kelas eksperimen diberikan pretest terlebih dahulu. Hal ini ditopang dengan rata-rata siswa pada kelas uji coba 6,25, namun setelah dilakukan pengecekan kepada siswa sekolah diminta untuk melihat kelas akhir yang didasarkan pada rata-rata 87. Nilai signifikansi pretes postes > 0,005. Selanjutnya dapat ditarik kesimpulan bahwa data berdistribusi normal sebelum dilakukan pengujian dan setelah kedua kelompok pengujian. Kedua, diketahui nilai SIG. Berdasarkan rata-rata variabel hasil belajar PPKN 0,901. Karena nilai sig. Nilai thitung sebesar 0,007 > 0,05. Kesimpulannya adalah varians data hasil belajar siswa PPKM setelah dilakukan pengujian pada siswa seragam. Diketahui pula nilai SIG. (2 penjualan) dengan < .000 < 0,005 Setelah itu, HO ditolak dan HA diterima. Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pre-test dan post-test yaitu penggunaan media pembelajaran permainan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Gamaliel 1 Madiun

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...