Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan LKPD PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa fase F SMA dalam pembelajaran materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Padang. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan kelas kontrol yang juga terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal uraian sebanyak 6 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data posttest dilakukan menggunakan uji t-test dengan hasil menunjukan bahwa nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari (α=0,05). Hasil ini menunjukan bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan LKPD PjBL terintegrasi STEM dan kelas kontrol yang hanya menggunakan LKPD konvensional dari guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD PjBL terintegrasi STEM berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025