Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Analisis Peran Pengalaman Belajar dalam Membangun Memori Jangka Panjang pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar: Penelitian

Dendodi (Unknown)
Qonitah (Unknown)
Nadhila Nurahlina (Unknown)
Anggun Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar sering kali belum dirancang untuk memfasilitasi pembentukan memori jangka panjang siswa, meskipun pada usia ini kemampuan belajar melalui pengalaman sangat kuat. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pengalaman belajar dalam memperkuat daya ingat jangka panjang siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara mendalam terhadap guru dan siswa. Partisipan terdiri dari satu guru dan satu siswa dari dua sekolah dasar berbeda. Data dianalisis dengan pendekatan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan makna pengalaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar yang interaktif, konkret, dan kontekstual efektif dalam memperkuat memori jangka panjang siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru merancang pembelajaran yang bermakna dan melibatkan aktivitas langsung untuk menciptakan pembelajaran yang lebih berkesan dan mendalam bagi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...