Pendidikan karakter menjadi tantangan penting di era modern, khususnya dalam membentuk kedisiplinan siswa yang dipengaruhi oleh perkembangan kurikulum dan pengaruh digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan Kurikulum Merdeka berbasis karakter untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Asy-Syafi’iyyah Singkawang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode wawancara mendalam dan observasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara dan lembar observasi. Partisipan terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Data dianalisis dengan teknik tematik analisis untuk menemukan tema utama terkait strategi kurikulum dan dampaknya. Hasil menunjukkan bahwa integrasi kurikulum nasional dan pesantren, keterlibatan guru dan orang tua, serta program keagamaan dan tata tertib yang terstruktur mampu meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi kurikulum berbasis karakter yang dijalankan secara konsisten dengan melibatkan seluruh pihak sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembentukan kedisiplinan siswa.
Copyrights © 2025