Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Lamongan. Strategi CTL dianggap relevan dalam menciptakan pembelajaran yang kontekstual, aktif, dan bermakna, khususnya dalam lingkungan sekolah yang multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, dengan subjek penelitian terdiri dari guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CTL telah diimplementasikan dengan mengintegrasikan tujuh komponen utama, yaitu konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Melalui strategi ini, siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, berdiskusi, bertanya, serta mengaitkan materi dengan pengalaman nyata mereka. Hal ini berdampak positif terhadap penguatan sikap toleran antarsiswa, seperti menghargai perbedaan, menerima pandangan orang lain, dan membangun interaksi sosial yang harmonis. Dengan demikian, pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI terbukti efektif dalam membentuk karakter toleransi siswa di lingkungan pendidikan yang heterogen.
Copyrights © 2025