Memberikan smartphone kepada anak adalah salah satu faktor eksternal yang dapat berdampak positif atau negatif terhadap perkembangan psikososial anak. penggunaan smartphone secara terus menerus akan berdampak bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak-anak akan cenderung terus menerus menggunakan smartphone akan sangat tergantung dan menjadi kegiatan yang harus dan rutin di lakukan oleh anak dalam aktifitas sehari-hari, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif pengunaan smartphone pada kondisi psikososial anak di SD Negeri Limbo, serta Upaya mengatasi dampak negatif penggunaan smartphone pada kondisi psikososial anak. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Infoman dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua serta guru di SD Negeri Limbo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone berdampak pada kondisi psikososial anak meliputi, gangguan mental, ketergantungan atau kecanduan, dan gangguan konsentrasi belajar. Adapun upaya dalam mengatasi dampak negatif smartphone pada kondisi psiksosoial anak adalah membatasi waktu pengguaan smartphone, mengajak anak bersosialisasi dengan teman, mendorong anak aktif di berbagai kegiatan, memberikan permainan alternatif, meluangkan waktu bersama, serta menjadi modeling atau panutan.
Copyrights © 2024