Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh model talking stick terhadap hasilbelajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 208 Palembang. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, Variabel Bebas(X): Model Talking Stick, dan Variabel Terikat (Y): Hasil Belajar Siswa. Jenis eksperimen yangdigunakan yaitu pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan datadalam penelitian ini dengan cara tes soal pilihan ganda. Adapun sampel penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V. Sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik. Analisis data dalampenelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 22 dan hasilnya ada pengaruh model talking stickterhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dilihat dari hasil analisis output sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkanterdapat pengaruh yang signifikan model talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas V padamata pelajaran IPA di SD Negeri 208 Palembang.
Copyrights © 2024