Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa di SD Negeri 79 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem soving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 79 palembang, dengan sampel kelas VA dan VC, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian True Exprimental Design.Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sampel T- test. Berdasarkan analisis data diperoleh Kesimpulan: t hitung > t tabel dengan signifikan 0,05 maka dapat diperoleh sig (2-tailed) 0,005. Dari hasil uji-t menghasilkan t hitung 2.908, berdasarkan tabel nilai t tabel dengan df = 62 dengan taraf signifikan 0,05 t tabel 1.998. Nilai tersebut menunjukan bahwa t hitung > t tabel atau 2.908 > 1.998 artinya hipotesis menyatakan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V SDN 79 Palembang. Perhitungan penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 22.
Copyrights © 2024