Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN Kelas IV di SDN 222 Palembang

Ihmeltri Ramawati (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Muhamad Idris (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
David Budi Irawan (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini terdapat fenomena masalah di SDN 222 Palembang yakni siswa mengalami permasalahan penurunan motivasi dalam mengikuti pembelajaran PPKN, namun guru tidak melakukan upaya apapun dikelas untuk meningkatkan motivasi belajar PPKN pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas IV di SDN 222 Palembang dalam membangun motivasi belajar siswanya untuk mengikuti pembelajaran PPKN. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptip kualitataif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tringulasi data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru telah mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran PPKN. Dalam membangun motivasi belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran PPKN melalui peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai manager, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai leader, peran guru sebagai administratorm peran guru sebagai inovator, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai dinamisator, peran guru sebagai evaluator, peran guru sebagai supervisor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...