Latar belakang penelitian ini terdapat fenomena masalah di SDN 222 Palembang yakni siswa mengalami permasalahan penurunan motivasi dalam mengikuti pembelajaran PPKN, namun guru tidak melakukan upaya apapun dikelas untuk meningkatkan motivasi belajar PPKN pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas IV di SDN 222 Palembang dalam membangun motivasi belajar siswanya untuk mengikuti pembelajaran PPKN. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptip kualitataif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tringulasi data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru telah mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran PPKN. Dalam membangun motivasi belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran PPKN melalui peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai manager, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai leader, peran guru sebagai administratorm peran guru sebagai inovator, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai dinamisator, peran guru sebagai evaluator, peran guru sebagai supervisor.
Copyrights © 2024