Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Lumpatan

Agustina, Andini (Unknown)
Hodsay, Zahruddin (Unknown)
Pratama, Aldora (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Lumpatan yang dilaksanakan pada semester genap 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), dan Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan peserta didik bebas mengekspresikan potensi mereka sesuai minatnya. Ada beberapa tahapan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pertama, guru melakukan pemetaan awal terhadap peserta didik melalui asesmen diagnostik. Kedua, merencanakan pembelajaran berdiferendiasi, guru merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan tersebut dengan menuliskannya pada modul pembelajaran. Ketiga, guru melakukan evaluasi dan refleksi kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...