Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Prediksi Kebutuhan Material Asam Klorida (HCl) di Unit Demineralisasi pada Bagian Utilitas PT. ABC

Putri, Dewi Portuna Ananda (Unknown)
Andrianti, Irma (Unknown)
Darmiyati, Iin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Peramalan kebutuhan HCl di PT. ABC sangat penting untuk menjaga kelangsungan unit operasional demineralisasi. Penelitian ini menganalisis data historis penggunaan HCl dari bulan April 2023 hingga November 2023, dengan menerapkan metode moving average untuk periode 2, 3, 4, dan 5. Analisis ini bertujuan untuk menentukan metode peramalan yang paling akurat dalam memprediksi kebutuhan HCl untuk bulan Desember 2023. Hasil Analisis menunjukkan bahwa metode moving average 4 periode memberikan nilai rata-rata deviasi absolut (MAD) terkecil sebesar 11.6875 dan rata-rata persentase kesalahan absolut (MAPE) sebesar 6%. Hal ini menunjukkan bahwa metode tersebut mampu memberikan prediksi yang lebih tepat dibandingkan dengan periode lainnya. Meskipun moving average 2 periode dan 4 periode menghasilkan nilai peramalan yang sama, perbedaan nilai MAD dan MAPE menunjukkan bahwa penggunaan periode yang lebih panjang dapat mengurangi penyiaran dalam peramalan. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi PT. ABC dalam mengoptimalkan penyediaan HCl dan meningkatkan efisiensi operasional. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut meliputi penggunaan data historis yang lebih representatif, serta penyesuaian model peramalan sesuai dengan perubahan kondisi pasar dan faktor eksternal yang mempengaruhi proses produksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...