Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Integrasi Sejarah Lokal Sulawesi Tengah sebagai Penguatan Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 7 Sigi

Ismail Ismail (Universitas Tadulako)
Wilaman Darsono Lumangino (Universitas Tadulako)
Windayanti Windayanti (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Sejarah lokal Sulawesi Tengah memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan materi pembelajaran sejarah Indonesia. Salah satu tema pokok dalam pembelajaran sejarah Indonesia adalah kehidupan masyarakat masa praaksara. Tinggalan sejarah masa praaksara juga banyak ditemukan di Sulawesi Tengah. Hal ini harus dimaksimalkan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah, sehingga tidak terkesan hanya menghafal peristiwa yang termuat pada buku teks saja. Tujuan penelitian ini diarahkan petensi, dan pentingnya sejarah lokal Sulawesi Tengah sebagai penguatan pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara menguraikan potensi objek sejarah seperti situs megalit di lembah Besoa, Watunonju, Loru, Bangga, dan Kulawi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Sulawesi Tengah memiliki potensi tinggalan masa lalu yang dapat digunakan sebagai muatan materi pembelajaran sejarah Indonesia masa praaksara. Menghadirkan sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah Indonesia dapat memperluas cakrawala berfikir, dan kesadaran sejarah siswa bahwa yang dijalani saat ini adalah bagian dari masa lalu lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...