Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Perancangan Sistem Informasi Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Web di Pesantren Modern Daar Al-Uluum Asahan Kisaran

Tanjung, Imam Dwi Jaya (Unknown)
Yuspita, Yulifda Elin (Unknown)
Musril, Hari Antoni (Unknown)
Derta, Sarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data untuk mendukung kegiatan operasional, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Di Pesantren Modern Daar Al-Uluum Asahan Kisaran, pencatatan perkembangan hafalan santri masih dilakukan secara manual dengan buku hafalan. Hal ini sering mengakibatkan kesalahan dalam pencatatan dan rentan terhadap kehilangan data. Maka dari itu peneliti tertarik untuk merancang sebuah sistem informasi tahfidz Al-Qur’an berbasis web yang dapat membantu dalam pencatatan perkembangan hafalan santri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rapid Application Development (RAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah pencatatan manual yang sering kali menimbulkan kesalahan dan kehilangan data, dengan menyediakan solusi berupa sistem informasi yang lebih efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi tahfidz yang memudahkan guru dalam mencatat perkembangan hafalan santri dan pembuatan laporan. Dengan adanya system infomasi proses pencatatan perkembangan hafalan siswa berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan hafalan di pesantren.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...