Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Menggali Nilai-Nilai Etika Pancasila: Pilar Moralitas Dalam Masyarakat Indonesia

Amalia, Mazaya (Unknown)
Safira, Dira (Unknown)
Aprilliany, Fenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, tidak hanya berperan sebagai panduan politik dan hukum, tetapi juga sebagai sistem etika yang mencerminkan nilai-nilai moral bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam nilai-nilai etika yang terkandung dalam Pancasila dan bagaimana implementasinya membentuk pilar moralitas dalam masyarakat Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini mengeksplorasi kelima sila Pancasila, mulai dari Ketuhanan yang Maha Esa hingga Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, sebagai landasan etika yang mencakup moralitas individu, sosial, dan kebangsaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Pancasila memiliki relevansi yang kuat sebagai pedoman etika dalam menghadapi tantangan moralitas modern, seperti individualisme, krisis identitas, dan disintegrasi sosial. Nilai-nilai Pancasila mampu menawarkan solusi untuk membangun kehidupan yang lebih beradab, berkeadilan, dan berintegritas dalam masyarakat Indonesia yang majemuk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih dalam mengenai Pancasila sebagai pilar moralitas dan acuan etika dalam pembangunan bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...