Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi desa wisata berbasis UMKM melalui local branding. Pembangunan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, dimana UMKM yang ada di Desa Pulo Panjang belum dapat dikembangkan secara maksimal. Perancangan local branding dilakukan di Desa Pulo Panjang yang memiliki banyak UMKM dan tempat wisata yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, Forum Group Discussion (FGD) dan dokumentasi yang disajikan dalam bentuk data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan desa wisata berbasis UMKM dengan branding lokal harus menerapkan metode pentahelix. Dimana harus adanya kerjasama dengan beberapa pihak seperti: pemerintah, pengusaha, media lokal, akademisi dan masyarakat di Desa Pulo Panjang.
Copyrights © 2024