Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Lokal Branding Menuju Wisata Berkelanjutan Desa Pulo Panjang Serang

Afiah, Efi Tajuroh (Unknown)
Munawaroh, Munawaroh (Unknown)
Zulfikar, Meiby (Unknown)
Suhandi, Suhandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi desa wisata berbasis UMKM melalui local branding. Pembangunan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, dimana UMKM yang ada di Desa Pulo Panjang belum dapat dikembangkan secara maksimal. Perancangan local branding dilakukan di Desa Pulo Panjang yang memiliki banyak UMKM dan tempat wisata yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, Forum Group Discussion (FGD) dan dokumentasi yang disajikan dalam bentuk data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan desa wisata berbasis UMKM dengan branding lokal harus menerapkan metode pentahelix. Dimana harus adanya kerjasama dengan beberapa pihak seperti: pemerintah, pengusaha, media lokal, akademisi dan masyarakat di Desa Pulo Panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...