Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbukan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Z di Era Digital

Simanjuntak, Nadia Costarika (Unknown)
Al Husna, Saiba (Unknown)
Dalimunthe, Fitri Zalita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Studi ini mengeksplorasi penggunaan pembelajaran berbasis proyek (PBL) sebagai cara untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi Z di era digital. Dengan memanfaatkan metodologi PBL, penelitian ini mengkaji bagaimana pengalaman belajar yang praktis dan kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan prinsip-prinsip Pancasila.di kalangan pemuda. Menekankan pentingnya nilai-nilai ini dalam masyarakat kontemporer, studi ini menganalisis strategi pendidikan yang mendorong pengembangan karakter dan tanggung jawab sipil dalam konteks digital. Temuan menunjukkan bahwa PBL tidak hanya mendorong keterlibatan dan pemikiran kritis, tetapi juga secara efektif mengintegrasikan nilai-nilai budaya ke dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya berkontribusi pada pembentukan generasi yang lebih berorientasi pada nilai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...