Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa yang masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bullying. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas XII mengenai bullying?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA N 1 Jakenan, dan sampel sebanyak 36 siswa dari kelas XII F- 1 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pre-test, post-test dan observasi hasil analisis berdasarkan uji hipotesis 0,000< 0,05 maka ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman mengenai bullying siswa kelas XII SMA N 1 Jakenan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024