Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XII SMA N 1 Jakenan

Siti Aisyah (Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setia Ningsih (Universitas PGRI Semarang)
Farikha Wahyu Lestari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa yang masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bullying. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas XII mengenai bullying?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA N 1 Jakenan, dan sampel sebanyak 36 siswa dari kelas XII F- 1 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pre-test, post-test dan observasi hasil analisis berdasarkan uji hipotesis 0,000< 0,05 maka ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman mengenai bullying siswa kelas XII SMA N 1 Jakenan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...