Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Modul Ajar Biologi di Kelas X SMA

Rahman Pobela (Universitas Negeri Gorontalo)
Ramli Utina (Universitas Negeri Gorontalo)
Abubakar Sidik Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Masra Latjompoh (Universitas Negeri Gorontalo)
Lilan Dama (Universitas Negeri Gorontalo)
Dewi Wahyuni K. Baderan (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Modul ajar adalah salah satu perangkat pembelajaran yang disusun secara sistematis dan lengkap yang berfungsi untuk membantu guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah modul ajar biologi yang digunakan guru sudah menampakkan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS) di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui adanya indikator HOTS yang terdapat pada modul ajar yang digunakan guru. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan diuji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas X, dan data sekunder diperoleh dari catatan atau dokumentasi modul ajar, bahan Pustaka, literatur, buku, jurnal dan sebagainya. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 5 indikator HOTS yang berhasil analisis pada dokumen modul ajar yakni pada materi keanekaragaman hayati dan ekosistem adalah berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, berpikir logis, dan pengambilan keputusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...