Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui “Pancasila Wall Tournament” Kelas VIII C SMPN 12 Surabaya

Fatihah, Salsadila Dalillatul (Unknown)
Setyowati, Raden Roro Nanik (Unknown)
Prihatin, Anna Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan sebagai hal penting yang menentukan majunya suau bangsa sehingga untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik maka dibutuhkan peningkatan kualitas pendidikan. Pada masa perkembangan teknologi saat ini perlu adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan karena peserta didik sudah mengenal banyak hal dalam teknologi tersebut. Dalam proses pembelajaran biasanya keberhasilan pembelajaran dilaksananakkan dengan tolak ukur hasil belajar peserta didik Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VIII C SMPN 12 Surabaya masih belum maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah ketika pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru melakukan suatu penelitian Tindakan (action research) dalam kelas. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus dengan menrepakan model pembelajaran koorperatif learning tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran “Pancasila Wall Tournament”. Hasil dari peneilitian ini pada prasiklus 40%, siklus 1 60%, dan siklus 2 86% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran “Pancasila Wall Tournament” dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila peserta ddiik kelas VIII C SMPN 12 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...