Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bhakti Bunda Padang

Filzah Nur Hasanah (Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Elsperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di taman Kanak-kanak Bhakti Bunda Padang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B2 dan B1, yang masing-masing anak berjumlah 12 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes lisan dan tes perbuatan serta dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data yakni memakai pengujian normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistic T-test dengan bantuan dari SPSS versi 23 yang menunjukkan tingkat signifikan <0,05. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media powtoon pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan dibandikangkan kelas kontrol menggunakan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Bhakti Bunda Padang. Secara keseluruhan terjadi kenaikan hasil terhadap perlakuan yang diberikan pada kelas eksprimen dengan rata-rata skor untuk pre-test 8,00 dan post-test 16,67. Dengan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media powtoon terbukti lebih efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...