Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Belajar pada Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 229 Palembang

Witriyani, Witriyani (Unknown)
Nuranisa, Nuranisa (Unknown)
Hermansyah, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada saat pembelajaran IPA, hal ini dapat dibuktikan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam dan terpaku pada buku pelajaran sehingga siswa belum mampu mengembangkan gagasan atau ide mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas belajar pada pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 229 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, yaitu pemberian suatu treatment. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 229 Palembang yang berjumlah 27 siswa di kelas kontrol dan 27 siswa di kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Tes Kreativitas. Teknik analisis data diukur dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,901 > 2,006 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek erhadap kreativitas belajar pada pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 229 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...