Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Psikoterapi pada Gangguan Mental Health Perspektif Al-Qur'an:: Studi Tafsir Tematik

Aprianty, Vonny (Unknown)
Zen, Abdul Muhaimin (Unknown)
Widayati, Romlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas masalah kejiwaan atau masalah Kesehatan mental yang dihadapi seseorang sering mendapat reaksi negative dari orang-orang yang berada disekitarnya. Hal ini disebabkan keterbatasan pemahaman masyarakat mengenai gangguan jiwa. Adat kebiasaan dan kultur yang nmenghubungkan kasus gangguan jiwa dengan kepercayaan masyarakat setempat, menyebabkan Sebagian khalayak tidak terbuka dengan penjelasan-penjelasan yang lebih ilmiah dan lebih memilih untuk mengenyampingkan perawatan medis dan psikiatris terhadap gangguan jiwa. Pandangan Islam tentang gangguan jiwa tidak jauh berbeda dengan pandangan para ahli Kesehatan mental pada umumnya. Tesis ini sependapat dengan karya ilmiah tesis yang disusun oleh Aji Nugroho dengan judul (Konsep Jiwa Dalam Al’Qur’an “Solusi Qur’ani Untuk Penciptaan Kesehatan Jiwa dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam”). Menjelaskan bahwa persoalan kehidupan di Masyarakat, mencoba dengan mengeksplorasi konsep kejiwaan dalam Al-Qur’an dengan berbagai perilaku yang menjadi bawaan manusia.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan yaitu (Library Research). Penelitian kepustakaan ini dilakukan di ruang perpustakaan dikumpulkan dan dianalisis, atau berbentuk dokumen, karya ilmiah, buku, cerita Sejarah, laporan penelitian sebelumnya atau bahan Pustaka lain yang dijadikan rujukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...