Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Literasi Ekonomi dan Promosi Berbasis Media Sosial terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret

Putri, Adista Ramadhani Leksana (Unknown)
Nugroho, Jonet Ariyanto (Unknown)
Octoria, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa; (2) pengaruh promosi berbasis media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa; (3) pengaruh literasi ekonomi dan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2019-2021. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 177 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku impulsive buying; (3) Terhadap pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi dan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku impulsive buying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...