Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa; (2) pengaruh promosi berbasis media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa; (3) pengaruh literasi ekonomi dan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2019-2021. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 177 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku impulsive buying; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku impulsive buying; (3) Terhadap pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi dan promosi berbasis media sosial terhadap perilaku impulsive buying.
Copyrights © 2024