Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Abad 21

Farbriani, Rina (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)
Zaitun, Zaitun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data studi pustaka. Adapun masalah yang dihadapi pada pembelajaran PAI pada abad ke 21 adalah: 1) kurangnya pendekatan kontekstual dan kreatif, 2) Pembelajaran PAI di banyak tempat masih cenderung menggunakan pendekatan tradisional, yang kurang mampu menarik perhatian siswa. 3) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih berbasis pada teori dan hafalan, dan 4) Guru PAI yang kurang mendapatkan pelatihan tentang metodologi inovatif dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang harus dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada abad ke 21 adalah: 1) Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran PAI, 2) Pendekatan pembelajaran kontekstual dan relevansi dengan kehidupan siswa, 3) Pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan karakter, dan 4) Pendekatan multikultural dan toleransi dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...