Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema 3 kelas 3 UPTD SDN 122357 Pematangsiantar

Hotmaria Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Melvin M. Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 122357 Pematang Siantar. Model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 subttema 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Jigsaw, terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 Subtema 3. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis bantuan spss 24. Diketahui hasil thitung 14,475. Nilai ttabel pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan df n-2 adalah sebesar 1,6870. Karena thitung (11,256) > (1.7056) maka model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya, terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 Subtema 3.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...