Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Kebudayaan dan kemunduran Islam pada masa Kerajaan Safawi di Persia

Rahmat, Ilham (Unknown)
Daulay, Haidar Putra (Unknown)
Sumanti, Solihah Titin Sumanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Kerajaan Safawi, dan untuk mengetahui kondisi Kerajaan Safawi serta peradaban Islam di Persia yang telah dibangun masa pemerintahan Kerajaan Safawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data-data yang relevan. Upaya yang telah dilakukan Kerajaan Shafawi dalam membangun peradaban Islam di Persia. Munculnya dinasti Safawi di Persia yang didirikan oleh Safi al-Din (1252-1334) memberikan perubahan besar terhadap kemerosotan peradaban Islam pada saat itu. Dinasti Safawi muncul pada abad pertengahan, awalnya dinasti ini berasal dari sebuah gerakan tarekat yang berdiri di Ardabila, tarekat ini terus dipertahankan sampai tarekat ini menjadi gerakan politik, bahkan nama Safawi ini tetap dilestarikan sampai menjadi sebuah dinasti. Dinasti safawi memiliki peran penting dalam perkembangan sejarah peradaban dan kebudayaan Islam, tercatat terdapat sebelas khalifah yang menduduki tahta kekhalifahan, masing-masing dari mereka memiliki perannya masing-masing dalam penyebaran peradaban Islam, namun dari banyaknya khalifah yang menduduki kekhilafahannya, dinasti safawi juga mengalami beberapa konflik internal dan eksternal yang mengakibatkan kemunduran dan kehancuran dinasti Safawi di Persia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...