Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Penerapan Kompetensi 4C dalam Proses Pembelajaran Biologi SMK Negeri 2 Somolo-Molo

Wa’adil Halawa (Universitas Nias)
Desman Telaumbanua (Universitas Nias)
Hardikupatu Gulo (Universitas Nias)
Novelina Andriani Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Lokasi penelitan ini di SMK Negeri 2 Somolo-Molo yang terletak di Desa Lewuombanua, Kecamatan Somolo-Molo, Kabupaten Nias. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-ATPH dengan jumlah sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: (1) Angket, (2) Lembaran observasi, (3) Wawancara. Hasil Penelitian: (1) Penerapan kompetensi 4C dalam proses pembelajaran Biologi dapat membantu menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi 4C peserta didik kelas X-ATPH di SMK Negeri 2 Somolo-Molo, pada Indikator Komunikasi sebesar 80,67%, Berpikir Kritis sebesar 79,33%, Kreativitas & Inovasi sebesar 77,67%, dan Kerjasama sebesar 85,33%. (2) Dampak positif dari penerapan kompetensi 4C dalam proses pembelajaran Biologi yaitu memberikan pengalaman yang penuh makna dalam kehidupan siswa, karena suasana belajar yang diciptakan guru sesuai dengan minat siswa, sedangkan dampak negatifnya, akan berimbas pada siswa yang tidak menyukai pembelajaran 4C jadi siswa kesulitan untuk memahami materi yang dipelajari. (3) Kendala dalam penerapan kompetensi 4C dalam proses pembelajaran Biologi yaitu waktu belajar yang banyak diselingi oleh mata pelajaran lain, sedangkan untuk mata pelajaran Biologi sendiri hanya 5 les dalam satu minggu, selain itu siswa juga menjadi fator penghambat, sebab ada kalanya siswa merasa bosan belajar, terkadang siswa malas membaca dan mencari bahan atau materi tambahan dari referensi lain, dan siswa masih kesulitan untuk mempresentasikan hasil dari pembahasan materinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...