Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Efektivitas Penggunaan Modul Elektronik Berbasis Mastery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

Yulianti, Desy (Unknown)
Marhaeni, Nafida Hetty (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul elektronik berbasis mastery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.E4  sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, soal pretest dan posttest kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul elektronik berbasis mastery learning efektif meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Hal ini dikarenakan modul elektronik disajikan berdasarkan sintaks mastery learning yaitu orientasi, penyajian, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri dan soal-soal yang disajikan juga menstimulus kemampuan literasi numerasi siswa karena disajikan dengan informasi-informasi berbentuk angka, data, dan simbol yang berhubungan dengan matematika. Selain itu, dengan pembelajaran menggunakan modul elektronik siswa dituntut untuk dapat menganalisis berbagai informasi berbentuk grafik, tabel, bagan, dan kemampuan menarik sebuah kesimpulan. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan modul elektronik berbasis mastery learning dalam pembelajaran matematika efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...