Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Perbandingan Penerjemahan Manual dan DeepL dalam Teks Berita Berbahasa Prancis

Dandi Satria (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Sunendar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rika Widawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerjemahan manual dan penerjemahan berbasis mesin (DeepL) pada teks berita berbahasa Prancis ke bahasa Indonesia. Hal ini penting karena akurasi dan sensitivitas budaya diperlukan dalam penerjemahan berita terutama dalam konteks diplomasi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui pemilihan teks berita yang diterjemahkan secara manual oleh situs resmi kedutaan Prancis di Indonesia dan menggunakan DeepL. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi teknik penerjemahan yang digunakan serta mengevaluasi kualitas terjemahan berdasarkan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerjemahan manual lebih unggul dalam menjaga makna teks sumber, menggunakan teknik penerjemahan yang beragam, dan menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks formal. Sementara DeepL cenderung kehilangan detail karena lebih sering menggunakan teknik literal dan juga reduksi. Dalam penilaian kualitas, terjemahan manual memperoleh skor lebih tinggi pada aspek akurasi, keberterimaan, dan keterbacaan dibandingkan dengan DeepL. Penelitian ini menegaskan keterlibatan manusia dalam proses penerjemahan masih sangat penting, terutama pada teks yang membutuhkan sensitivitas budaya dan konteks formal. Penelitian ini relevan untuk meningkatkan kualitas penerjemahan profesional yang menggabungkan antara teknologi dan penerjemah manusia sebagai solusi optimal di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...