Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Urgensi Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan Islam

Prasetyo, Edi (Unknown)
Alfiah, Alfiah (Unknown)
Muhadi, Muhadi (Unknown)
Khairina, Khairina (Unknown)
Rajuna, Rajuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan holistik yang menggunakan aktivitas fisik sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya pengembangan fisik, tetapi juga pengembangan mental, sosial, emosional, dan intelektual.[1] Pendidikan jasmani merupakan salah satu bagian dari pendidikan Islam yang tidak hanya menitik beratkan pada aspek jasmani saja, namun mencakup aspek ruhani dan mental. Dalam konteks pendidikan Islam, pendidikan jasmani memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian dan akhlak siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengulas hadis terkait pendidikan jasmani dan menjelaskan pentingnya pendidikan jasmani dalam pendidikan Islam. Dengan menggunakan metode tinjauan pustaka, penelitian ini menemukan 5 hadits yang berkaitan dengan pendidikan jasmani yaitu: 1 hadits tentang pentingnya kekuatan jasmani (HR. Muslim:2664), dan 4 hadits tentang olahraga yang dianjurkan yaitu: Panahan (HR. Abu Daud: 2514), Menunggang kuda (HR. Ibnu Majah:2811) Berenang (HR. Nasai:8890) dan Berjalan kaki (HR. Muslim:666). Berdasarkan hadis yang diriwayatkan, pendidikan jasmani bagi Islam bukan hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan jasmani, melainkan juga untuk membentuk individu yang kuat secara mental dan spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...