Pada arus globalisasi yang semakin cepat, tantangan dunia pendidikan menjadi semakin kompleks. Tuntutan utama pendidikan saat ini adalah melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi, berdaya saing global, serta memiliki nilai moral dan spiritual yang kuat. Dalam konteks ini, pendidikan agama Islam (PAI) memegang peranan yang sangat penting untuk membentuk karakter serta memberikan landasan nilai-nilai spiritual dan moral kepada peserta didik. Lulusan di era global tidak lagi hanya diukur dari kemampuan akademis semata, melainkan kompleksitas kompetensi yang dimilikinya. Evaluasi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam merupakan salah satu komponen krusial dalam proses pendidikan. Proses evaluasi yang efektif mampu mengukur pencapaian kompetensi secara holistic dan mewujudkan lulusan berdaya saing global. Tujuan penelitian ini menganalisis peran evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mewujudkan lulusan berdaya saing global. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Evaluasi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas lulusan untuk dapat bersaing di tingkat global. Proses evaluasi pembelajaran PAI tidak hanya berfokus pada aspek kognitif (pengetahuan), tetapi juga mencakup aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Seluruh aspek yang dilakukan memiliki integrasi dalam upaya mewujudkan lulusan berdaya saing global yang memiliki keunggulan moral, intelektual, dan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, berkolaborasi, dan berinovasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025