Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di TK Damhil Kota Gorontalo

Adelia Ningsih Naini (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Andi Akifa Sudirman (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Muryati Rokani (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Irma DK. Ishak (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Pola asuh yang diberikan oleh orang tua berperan penting dalam membentuk kemampuan bersosialisasi serta menentukan tingkat perkembangan personal sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan personal sosial anak usia 4-6 tahun di TK Damhil Kota Gorontalo. Desain penelitian menggunakan kuantitatif korelasional dengan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dan didapatkan sejumlah 30 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analasis uji non parametrik chi square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas orangtua memiliki pola asuh baik sejumlah 19 orang (63.3) dengan perkembangan personal sosial anak normal sejumlah 19 orang (50%), dan yang terendah adalah pola asuh orangtua cukup sejumlah 6 orang (20.0) dengan perkembangan anak normal sejumlah 1 orang (3.3%) yang menjelaskan bahwa terdapat adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Damhil Kota Gorontalo dibuktikan dengan nilai (p. value = 0.000 0.015). Kesimpulannya rata rata orang tua dengan pola asuh baik memiliki balita dengan tingkat perkembangan personal sosial yang baik. Saran untuk orangtua dalam hal pola asuh hendaknya menyesuaikan kebutuhan, situasi dan perkembangan anak agar anak dapat berperilaku sosial yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...