Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Kebijakan Hukum Pidana Tentang Efektivitas Penghentian Penuntutan Tindak Pidana Narkotika dengan Pendekatan Keadilan Restoratif

Hidayat, Basith (Unknown)
Anindita, Anindita (Unknown)
Pangestika, Elza Qorina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan hukum pidana mengenai efektivitas penghentian penuntutan tindak pidana narkotika dengan pendekatan keadilan restoratif. Dalam konteks peningkatan angka kasus narkotika, pendekatan keadilan restoratif diharapkan dapat menjadi alternatif untuk memperbaiki sistem peradilan yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah empiris kualitatif dengan wawancara kepada beberapa pihak dan studi dokumentasi dari berbagai sumber hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghentian penuntutan berdasarkan prinsip keadilan restoratif diharapkan dapat mengurangi jumlah angka tindak pidana narkotika serta memberikan pemulihan atau kesempatan kedua kepada pelaku dalam masyarakat. Restoratif Justice ini sangat efisien dalam mengurangi jumlah tahanan di dalam penjara dan mengembalikan para pelaku ke kondisi semula. Namun, masih terdapat tantangan dalam pelaksanaannya atau implementasinya, termasuk kurangnya sosialisasi dan pemahaman di kalangan masyarakat serta aparat penegak hukum terkait dengan pendekatan ini serta dalam hal pendanaan karena dalam hal ini tidak sedikit memerlukan biaya dalam penyediaan layanan rehabilitasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...