Studi ini meneliti Efektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi, dan efektivitas, ekstrakurikuler pendidikan agama islam di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang, serta menemukan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan field research. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi, dan orangtua siswa, serta siswa kelas VI SDN 12 Gunung Megang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di SDN 12 Gunung Megang mempunyai 3 tahapan: a. Perencanaan b. Pelaksanaan dan c. Evaluasi 2. faktor pendukung pembentukan karakter religius pada siswa: a) komitmen serius sekolah; b) dukungan dan partisipasi dari orang tua siswa; c) lingkungan yang mengadakan kelompok-kelompok belajar mengaji dan menimba ilmu agama dan faktor penghambat pembentukan karakter religius pada siswa: a) Kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang berjalan kurang kondusif; b) kelalaian orang tua dalam mengawasi anak; b) pengaruh smart phone yang menyajikan fitur-fitur yang mengasyikkan seperti media sosial dan game. Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang cukup efektiv terhadap pembentukan karakter religius siswa, dengan tumbuhnya nilai Ilahiyah dan Insaniyah pada siswa.
Copyrights © 2025