Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Efektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatan

Rani Karya Fitri (Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Indonesia)
Syahidah Rena (Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Indonesia)
Sri Widyastri (Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Studi ini meneliti Efektivitas Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi, dan efektivitas, ekstrakurikuler pendidikan agama islam di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang, serta menemukan faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan field research. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi, dan orangtua siswa, serta siswa kelas VI SDN 12 Gunung Megang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di SDN 12 Gunung Megang mempunyai 3 tahapan: a. Perencanaan b. Pelaksanaan dan c. Evaluasi 2. faktor pendukung pembentukan karakter religius pada siswa: a) komitmen serius sekolah; b) dukungan dan partisipasi dari orang tua siswa; c) lingkungan yang mengadakan kelompok-kelompok belajar mengaji dan menimba ilmu agama dan faktor penghambat pembentukan karakter religius pada siswa: a) Kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang berjalan kurang kondusif; b) kelalaian orang tua dalam mengawasi anak; b) pengaruh smart phone yang menyajikan fitur-fitur yang mengasyikkan seperti media sosial dan game. Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 12 Gunung Megang cukup efektiv terhadap pembentukan karakter religius siswa, dengan tumbuhnya nilai Ilahiyah dan Insaniyah pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...