Tujuan dari penelitiaan ini ada dua. Pertama mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode pada dosen Pendidikan bahasa Indonesia dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone. Kedua mendeskripsikan faktor-faktor penyebab alih kode dan campur kode pada dosen Pendidikan bahasa Indonesia dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone.jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskritif. Data dalam penelitian adalah tuturan dosen pendidikan bahasa Indoensia dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone yang mengadung alih kode dan campur kode.instrumen penelitian ini adalah penelti sendiri.peneltian ini menggunakan alat bantu berupa alat perekam.teknik pengumpulan data yang digunakan teknik rekam,simak,catat dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan wujud alih kode dosen dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone ada dua yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern sedangkan campur kode dosen dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone ada tiga yaitu campur kode kedalam (inner code mixing), campur kode keluar (outer code mixing) dan campur kode campuran (hybrid code mixing). Faktor penyebab terjadinya alih kode dosen dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone ditemukan ada tiga faktor yaitu lawan tutur, kehadiran orang ketiga, dan perubahan topik pembicaraan.faktor penyebab campur kode dosen dalam pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone ditemukan 4 faktor yaitu identifikasi peran, identifikasi ragam,istilah populer, dan keinginan ingin menjelaskan atau menafsirkan.
Copyrights © 2025