Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Efektivitas Penggunaan Waktu dan Bahan dalam Praktik Pembubutan Dasar di SMK:: Kajian terhadap Pencapaian Kompetensi

Ricky Cahyasari Putra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Ade Dwi Putra Janata (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenis pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan kerja yang pelaksanaannya mempunyai komposisi praktek dengan bobot tujuh puluh persen dan teori dengan bobot tiga puluh persen. Praktek harus didukung dengan alat praktek yang sesuai, terutama rasio antara jumlah alat dan siswa harus sesuai agar proses pembelajaran berlangsung optimal. Untuk jenis alat dalam kelompok Work Station Tunggal (WST), rasio ideal antara jumlah alat dan siswa adalah satu banding satu sementara di lapangan rasio jumlah mesin dengan siswa mencapai satu banding sembilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan waktu dan bahan praktikum pemesinan dasar (Facing, Rata dan Tirus) dengan menggunakan metode observasi yang dilakukan di dua sekolah menengah kejuruan dengan total sembilan siswa. Observasi menggunakan job sheet Lotan dengan lembar penilaiannya untuk praktek pemesinan dasar. Hasil penelitian menunjukkan dua bahan yang dibutuhkan untuk pencapaian kompetensi dengan waktu rata-rata empat ratus dua puluh dua koma delapan belas menit, dengan peningkatan kualitas hasil produk sebesar tiga puluh enam koma dua puluh lima persen dan efisiensi waktu pengerjaan meningkat sebesar sembilan belas koma lima persen pada percobaan kedua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...