Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gamifikasi dalam Learning Management System (LMS) terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Gamifikasi, yang melibatkan penerapan elemen permainan dalam konteks pendidikan, diyakini dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel relevan yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi dalam LMS dapat meningkatkan motivasi mahasiswa baik intrinsik maupun ekstrinsik melalui elemen-elemen seperti poin, leaderboard, badge, dan tantangan. Peningkatan motivasi ini pada gilirannya dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Namun, pengaruh gamifikasi terhadap hasil belajar tidak selalu konsisten, tergantung pada desain elemen gamifikasi dan karakteristik individu mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mendesain gamifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mahasiswa agar dapat memaksimalkan manfaat dari penerapan gamifikasi dalam LMS. Penelitian ini juga menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengkaji dampak gamifikasi dalam jangka panjang dan pengaruhnya terhadap perkembangan akademik mahasiswa.
Copyrights © 2025