Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Learning Analytics dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam asesmen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Mambaul Hikam. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus, Dengan mengumpulkan data melalui wawancara,observasi dan dukumentasi. penelitian ini menganalisis efektivitas platform seperti Edmodo, Moodle, Canvas AI, IBM Watson Education, serta Adaptive Learning AI (Knewton, Smart Sparrow) dalam meningkatkan kualitas penilaian dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi Learning Analytics membantu pemetaan kompetensi siswa serta memberikan umpan balik real-time yang lebih akurat. Implementasi Adaptive Learning AI juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, ditemukan beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, serta kesulitan dalam mengintegrasikan aspek afektif dan spiritual dalam sistem penilaian berbasis AI. Oleh karena itu, strategi peningkatan efektivitas AI dalam asesmen PAI meliputi penguatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru secara berkala, kombinasi asesmen AI dan humanis, serta pengembangan AI yang berbasis nilai keislaman. Dengan demikian, pemanfaatan Learning Analytics dan AI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam inovasi asesmen PAI yang lebih adaptif dan holistik.
Copyrights © 2025