Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD:: Analisis Pendekatan dan Kendala

Mu’alimah, Isna Khuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini membahan faktor-faktor yang menghambat serta mendukung terbentuknya keterampilan menulis di tingkat Sekolah Dasar (SD). Menulis sendiri merupakan salah satu keterampilan penting yang mendukung penguasaan berbagai aspek dalam berbagi bidang pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan peneliti untuk memperoleh data berupa proses pembelajaran menulis di kelas 5 SD, kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran menulis di kelas 5 SD, serta strategi-strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kendala dalam proses menulis berupa kesulitan mengungkapkan gagasan, keterbatasan kosakata dalam penyusunan paragraph dan rendahnya pemahaman terhadap struktur teks. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai latar belakang, diantaranya proses pembelajaran dan latar belakang peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...