Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Pengetahuan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Transaksi Financial Technology pada Generasi Z di Kabupaten Kolaka

Mahenra, Jusri (Unknown)
Kumalasari, Fitri (Unknown)
Astaginy, Niar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pengetahuan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Transaksi Financial Technology pada Generasi Z Kabupaten Kolaka. Penelitian ini merupakan model Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui Observasi, Studi Pustaka, dan Penyebaran Kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Financial Technology generasi Z di Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus hair berdasarkan jumlah indikator dengan yang berjumlah 100 dengan Teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Pengujian intrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan SPSS 25.0. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakkan aplikasi Smart-PLS 3.0. Berdasarkan hasi penelitian bahwa Pengetahuan berpengaruh positif dan signitifkan terhadap Minat Transaksi Financial Technology dan Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Minat Transaksi Financial Technology.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...