Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Hubungan Kepatuhan Home Program dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder di Karesidenan Surakarta

Hidayat, Zsaza Sri Oktafika (Unknown)
Purnaningrum, Windiarti Dwi (Unknown)
Putri, Anggi Resina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Orang tua dapat berpartisipasi dalam bentuk menjalankan home program sesuai dengan tujuan keberhasilan terapi. Permasalahan bahasa ekspresif seringkali ditemukan pada anak autism spectrum disorder. Namun pada anak autis, kemampuan menggunakan bahasa ekspresif saat berbicara mengalami hambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi adanya Hubungan Kepatuhan Home program dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Autism Spectrum Disorder di Karesidenan Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Uji pada penelitian ini menggunakan Spearman Rank. Penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi koefisien korelasi sebesar 0.001 < 0.05, yang berarti adanya penolakan Ho dan penerimaan Ha, yang menandakan adanya korelasi. Sedangkan hasil kekuatan hubungan dari hasil nilai r hitung yaitu 0.575 yang berarti sedang karena termasuk antara 0.4 hingga < 0.6 dengan arah positif. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat adanya Hubungan Kepatuhan Home program dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Autism Spectrum Disorder di Karesidenan Surakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...