Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul Projek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis. Modul dilengkapi asesmen keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi dan minat wirausaha. Jenis penelitian menggunakan Research and Development menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Pariaman. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media dan pembelajaran, praktisi lapangan, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal pretest-posttest. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan modul yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 78,71% (dari ahli materi), 85,62% (dari ahli media dan pembelajaran), dan 90,17% (dari praktisi lapangan). Soal pretest-posttest yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 79,68% (dari ahli materi), dan 91,67% (dari ahli media dan pembelajaran). Uji kepraktisan memperoleh kriteria praktis, dengan nilai 93,03% (uji one to one), 88,78% (uji small group) dan 91,19% (uji field test).
Copyrights © 2025