Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Validasi dan Kepraktisan Modul Projek Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Problem Based Learning dengan Asesmen 4C dan Minat Wirausaha

Ade Dwi Putra Janata (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Ricky Cahyasari Putra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul Projek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis. Modul dilengkapi asesmen keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi dan minat wirausaha. Jenis penelitian menggunakan Research and Development menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Pariaman. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media dan pembelajaran, praktisi lapangan, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal pretest-posttest. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan modul yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 78,71% (dari ahli materi), 85,62% (dari ahli media dan pembelajaran), dan 90,17% (dari praktisi lapangan). Soal pretest-posttest yang dihasilkan cukup valid, dengan nilai validasi 79,68% (dari ahli materi), dan 91,67% (dari ahli media dan pembelajaran). Uji kepraktisan memperoleh kriteria praktis, dengan nilai 93,03% (uji one to one), 88,78% (uji small group) dan 91,19% (uji field test).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...