Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Ardiaulya, Vidola (Unknown)
Munjiatun, Munjiatun (Unknown)
Noviana, Eddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V sekolah dasar. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara guru, Angket siswa. Dengan 20 orang siswa dan 1 walikelas V di SDN 007 Pulau Tinggi Kecamatan Kampar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa terhadap pembelajaran PKn berada pada kategori sedang hingga tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar ini dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu siswa suka berdiskusi/kelompok Ketika pembelajaran PKn. Sedangkan yang membuat siswa tidak minat pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan adalah dipengaruhi oleh faktor internal, dimana siswa merasa tidak bersemangat Ketika guru bercerita saat pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...