Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Peningkatan Mutu Administrasi Madrasah Pada MI Ikhlasiyah Palembang

Utari, Desy (Unknown)
Zainuri, Ahmad (Unknown)
Yasir, Muslim Gani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Administrasi madrasah memegang peran penting dalam menunjang kelancaran dan efektivitas pelaksanaan pendidikan di tingkat dasar, termasuk dalam membangun tata kelola lembaga yang akuntabel dan profesional. Namun, pada praktiknya, masih banyak madrasah yang menghadapi tantangan dalam pengelolaan administrasi yang tertib, efisien, dan terstandarisasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sistem administrasi yang bermutu sebagai penunjang utama tercapainya mutu pendidikan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu administrasi madrasah, serta menganalisis peran kepemimpinan dan kolaborasi dalam memperkuat tata kelola administrasi di MI Ikhlasiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, staf administrasi, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu administrasi dilakukan melalui perencanaan berbasis kebutuhan, penyusunan SOP, digitalisasi sistem kerja, penguatan kapasitas SDM, serta penerapan kepemimpinan yang transformatif dan kolaboratif. Seluruh elemen madrasah terlibat aktif dalam menciptakan sistem administrasi yang tertib, efisien, dan mendukung kinerja lembaga secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...