Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 7 No. 1 (2024): Juni 2024

ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BERBEBESTEM DAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP ASSISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Rukun Parida Sidabutar (Universitas Katolik Santo Thomas)
Berman Hutahaean (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum Pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Assisi Medan tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancarai dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa dan nilai-nilai karakter siswa, serta melestarikan kearifan lokal Batak. Kurikulum ini diimplementasikan melalui intergritasi nilai-nilai BerBeBeSTeM dalam setiap aspek Pembelajaran, yang mencakup kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu respon siswa terhadap penerapan kurikulum ini menyimpulkan bahwa kurikulum Pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dapat menjadi model Pembelajaran efektif untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas, berakhlak dan berbudaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...