Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (2)

Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Lubuklinggau dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Kelas IV SDN 34 Lubuklinggau

Sinta Resti Sukma Nurjanah (Universitas PGRI Silampari)
Novianti Mandasari (Universitas PGRI Silampari)
Willy Lontoh (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Penelitian dilakukan guna menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat Lubuklinggau dalam menumbuhkan budaya literasi siswa. Menguji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat Lubuklinggau dalam menumbuhkan budaya literasi pada siswa kelas IV SDN 34 Lubuklinggau. Model pengembangan ADDIE digunakan dalam jenis penelitian Research and Development ini. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 34 Lubuklinggau. Teknik observasi, wawancara, angket, dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Teknik analisis data pada analisis kevalidan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Berdasar hasil analisis validitas buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat Lubuklinggau menggunakan Aiken’s V menunjukkan hasil penilaian dari validator bahasa sebesar 0,88 validator media sebesar 0,90 dan validator materi 0,88. Analisis penilaian angket kepraktisan siswa dan guru diperoleh skor rata-rata 89,13 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan memperoleh hasil ketuntasan secara klasikal sebesar 87,5 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat Lubuklinggau dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam menumbuhkan budaya literasi siswa kelas IV SDN 34 Lubuklinggau.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...