Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Efektivitas Enriched virtual classroom dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Kesehatan: Systematic Literature Review

Suriyanti Marasaoly (Universitas Negeri Jakarta)
Eveline Siregar (Universitas Negeri Jakarta)
Murni Winarsih (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Peningkatan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar pada pendidikan, termasuk dalam sektor kesehatan. Salah satu bentuk inovasi pembelajaran yang telah muncul adalah Enriched virtual classroom (EVC), di mana pembelajaran secara online dilakukan dengan adanya interaksi langsung melalui virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas EVC dalam meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dengan proses seleksi menggunakan PRISMA Diagram Alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EVC terbukti efektif dalam meningkatkan berbagai aspek kompetensi tenaga kesehatan, termasuk pengetahuan teoritis, keterampilan klinis, kemampuan pengambilan keputusan, serta kompetensi komunikasi dan budaya. EVC menunjukkan keunggulan dalam fleksibilitas, pengalaman immersif, dan pengembangan keterampilan global dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Implikasi penelitian ini seluruh stakeholder harus menyadari penggunaan EVC bisa menjadi sebuah alternatif alat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...