Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Project Based Learning Berorientasi Education for Sustainable Development: Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa

Junima Tesalonika Sihombing (Universitas Pendidikan Indonesia)
Neiny Ratmaningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Acep Supriadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa melalui project based learning berorientasi education for sustainable development. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan metode yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru IPS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi melalui project based learning berorientasi ESD dengan memperhatikan tahapan-tahapan pembelajaran berbasis proyek terhadap aspek-aspek komunikasi dan kolaborasi. Tahapan-tahapan tersebut tidak luput dengan orientasi education for sustainable development dengan harapan peserta didik lebih peduli dan sadar terhadap permasalah lingkungan, sosial, dan ekonomi yang dihadapinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...